Selasa, 26 Juli 2011

LAPORAN PKL DI KELURAHAN

BAB1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang PKL
Salah satu kurikulum yang harus dilaksanakan oleh Penulis sebagai mahasiswa Diploma Tiga (D3) Manajemen Informatika AMIK DCC Lampung adalah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan ini juga sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan matakuliah PKL.

Praktek kerja lapangan pada perusahaan swasta atau instansi - instansi pemerintahan, hal ini dimaksudkan untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dikampus dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya. Praktek Kerja Lapangan dapat juga berfungsi sebagai pengenalan lingkungan kerja, sehingga dapat menambah wawasan dan pengalaman yang dapat dipergunakan masa sekarang dan masa yang akan datang.







1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Praktek kerja lapangan dilaksanakan dengan tujuan :
1. Membekali dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai
Persiapan menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat.
2. Meningkatkan keterampilan yang diperoleh dari latihan praktik di Kampus.
1.3 Manfaat praktek Kerja Lapangan (PKL)
Dari Pelaksaan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) memiliki manfaat bagi penulis yaitu :

a. Menambah wawasan dan ilmu penetahuan diluar lingkungan kampus yang berhubungan dengan program studi yang dipilih.
b. Untuk menambah pengalaman sebelum terjun kemasyarakat atau dunia kerja.

1.4 Waktu dan Tempat PKL
Penulis melaksanakan kegiatan PKL di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara yang beralamat di Jl. WR. Supratman No.22 Kel. Karangrejo Kec.Metro Utara Kota Metro pada bagian pemerintahan. Adapun pelaksanaan PKL dimulai dari 18 April sampai dengan 02 Juni 2011.


Kegiatan dilaksanakan setiap hari senin sampai jum’at
1. Pukul 07.30 – 15.30 jam kerja
2. Pukul 12.00 – 13.00 istirahat.
1.5 Metode Pengumpulan Data
a. Observasi (Observation)
Yaitu mengadakan pengamatan secara langsung pada lokasi tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada kantor Kelurahan Metro Utara.

b. Wawancara ( Interview)
Yaitu pengumpulan data dengan cara mengadakan wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait yaitu dengan Kantor Kelurahan Metro Utara.

c. Study Kepustakaan (Library Research)
Yaitu pengumpulan data yang diperoleh dari buku - buku yang berkaitan dengan kantor Kelurahan Metro Utara.






1.6 Sistematika Penulisan
Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) ini disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini berisikan pokok-pokok laporan yang berisikan latar belakang PKL, tujuan PKL, waktu dan tempat PKL, manfaat PKL, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan laporan.
BAB II : TINJAUAN UMUM INSTANSI
Bab ini menjelaskan tentang sejarah singkat Kantor Kelurahan Karangrejo Metro Utara, lokasi kantor Kelurahan Karangrejo Metro Utara, fasilitas yang dimiliki, Tupoksi Lurah dan Seksi – seksi.
BAB III : PEMBAHASAN
Pada bab ini berisiksan pembahasan, kegiatan selama Prektek Kerja Lapangan (PKL), pembuatan Keterangan Usaha pada Kelurahan Karangrejo Metro Utara, kendala yang dihadapi serta solusi kendala yang dihadapi penulis.
BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



BAB II
TINJAUAN UMUM INSTANSI


2.1 Sejarah Singkat Berdirinya Kantor Kelurahan Metro Utara
Kelurahan Karangrejo pertama kali dibuka pada zaman Pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun1938 oleh para kolonisasi. Para kolonisasi tersebut didatangkan oleh Belanda dari daerah Jawa Timur dengan cara bertahap untuk membuka wilayah yang ada sekarang ini di Kelurahan Karangrejo.
Kelurahan Karangrejo Sebelumnya adalah berstatus desa yang di pimpin oleh Kepala desa, namun setelah otonomi daerah 1999 dan adanya pemekaran Kecamatan dan Kelurahan berubah status namanya menjadi Kelurahan dan dikepalai oleh seorang Lurah.
Kelurahan Karangrejo terletak di dataran rendah termasuk dalam wilayah Kecamatan metro Utara Kota Metro Propinsi Lampung yang meliputi areal daratan seluas ± 7.72 km dengan jumlah ± 7.568 jiwa yang meliputi 11 (sebelas) lingkungan.
Sarana perhubungan untuk mencapai Kelurahan Karangrejo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat melalui jalan aspal.
Jarak tempuh Kelurahan Karangrejo dengan Ibukota Kecamatan Metro Utara sejauh ± 4 Km sedangkan jarak Kelurahan Karangrejo dengan pusat pemerintahan Kota Metro sejauh ±5 Km selanjutnya jarak Ibukota Propinsi Lampung ± 60 Km.
Luas Kelurahan Karangrejo secara keseluruhan seluas 7.72 Km.

2.2 Lokasi Kantor Kelurahan Metro Utara
Letak Kantor Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara berada di 23 Kota Metro yang terletak sangat srategis karena mudah dijangkau oleh masyarakat. Alamat kantor Kelurahan Karangrejo Metro Utara di JL. WR.Supratman No. 22 Kel. Karangrejo Kec. Metro Utara Kota Metro.
Adapun wilayah Kelurahan Karangrejo secara jelas kelurahan berbatasan dengan :
a. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Gantiwarno dan Desa Kalibening Kab. Lampung Timur yang dibatasi oleh sungai Wai Bunut.
b. Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Hadimulyo Timur Kota Metro yang dibatasi oleh aliran anak sungai Bunut.
c. Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Pekalongan Kab. Lampung Timur yang dibatasi dengan aliran anak sungai Bunut.
d. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Yosomulyo Kota Metro dan Adirejo Kab. Lampung Timur yang dibatasi dengan aliran sungai anak Bunut.

2.3 Fasilitas yang dimiliki
Terselenggaranya sarana administrasi dan kelancaran tugas, dibutuhkan berbagai sarana. Sarana dan fasilitas yang tersedia di Kantor Kulurahan Karangrejo Metro Utara antara lain sebagai berikut :

1. Gedung kantor Kelurahan Karangrejo Metro Utara
2. Gedung PKK
3. Halaman Parkir
4. Mesin hitung (Kalkulator)
5. Mesin tik
6. Cap
7. Map
8. Straples
9. Komputer
10. Meja








11. Dispenser
12. Gelas
13. Mushola
14. Rumah pintar
15. Balai
16. Komputer beserta printernya
17. Televisi
18. Radio/Tape
19. Rumah Dinas
20. Kursi
21. Kipas angin
2.4 Tugas Pokok dan Fungsi

2.4.1 Tupoksi Lurah
Lurah mempunyai tugas pokok : Menyelenggarakan urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.
Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Lurah mempunyai fungsi :
1. Pelakasanaan kegiatan pemerintahan kelurahan,
2. Pemberdayaan masyarakat,
3. Pelayanan masyarakat,
4. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum,
5. Pemeliharaan prasana dan fasilitas pelayanan umum dan
6. Pembina Lembaga kemasyarakatan.







2.4.2 Tupoksi Sekretaris Lurah (sekLur)
Sekretariat mempunyai tugas : Melakukan pembinaan administrasi ketatausahaan, kepegawaian, perlengkapan rumah tangga dengan penjabaran tugas sebagai berikut :
1. Menyusun rencana kegiatan penyelenggaran pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.
2. Menyusun rencana pengendalian dan evaluasi pelaksanaan kegiatan - kegiatan pemeritahan kelurahan.
3. Menyusun rencana pembinaan administrasi dan disiplin kepegawaian.
4. Menyusun rencana dan pembinaan administrasi urusan ketatausaha, perlengkapan dan rumah tangga.
5. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan dan melaporkan pelaksaan kegiatan kepada Lurah sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

2.5 Seksi- Seksi
Seksi – seksi ini mempunyai tugas pokok, melakukan urusan pemerintahan, pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan rakyat yang ada di kelurahan.




2.5.1 Tupoksi Seksi Pemerintahan
Seksi Pemeritahan mempunyai tugas : Menyusun rencana dan penyiapan administrasi penyelenggaraan tugas tugas umum pemerintahan, pembinaan, penyelenggaran pemerintaan dan administrasi kependudukan, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :
1. Menyusun rencana program penyelenggaraan pemerintah daerah dan tugas - tugas pemerintah.
2. Menyusun rencana program penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.
3. Menyusun rencana program pembinaan penyelenggran pemerintah kelurahan.
4. Menyusun program serta pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil.
5. Melaksanakan pencatatan, pengumpulan serta pengolahan data pelaporan mutasi penduduk dan catatan sipil.
6. Melaksanakan pembinaan bidang pembinaan.






2.5.2 Tupoksi Seksi Pembangunan
Seksi Pembangunan mempunyai tugas : Mengkoordinasi Penyusunan Rencana Dan Penyiapan administrasi dalam rangka evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan serta membina potensi swadaya masyarakat, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :
1. Menyusun Program Koordinasi rencana pembangunan Kelurahan,
2. Menyusun rencana pembinaan program pemberayaan masyarakat,
3. Menyusun program dan rencana kegiatan serta infentaris kondisi dan nama – nama jalan dan gang,
4. Menyusun program kegiatan pengawasan, evaluasi situasi, bentuk, fungsi dan lokasi penempatan bangunan perumahan dan non perumahan,
5. Menyusun program Evaluasi dan Pelaporan pelaksanaan pembangunan serta memelihara prasarana dan sarana fisik di lingkungan kelurahan,
6. Menyusun Program pembinaan dan penggerak potensi swadaya masyarakat.







2.5.3 Tupoksi Seksi Perekonomian
Seksi Perekonomian mempunyai tugas : Menyusun rencana dan mengkoordinasikan kegiatn pembinaan perekonomian rakyat, pengembangan koprasi serta peningkatan pendapata asli daerah, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :
1. Menyusun program pembinaan dan pengembangan potensi serta kegiatan perekonomian rakyat dengan pola pemberdayaan masyarakat (petani, perkebunan,perikanan, peternakan, industri kecil, kerajinan, perbankan dll) serta meningkatkan kelancaran distribusi dan produksi.
2. Menyusun Program pembinaan dan pengembangan perkoperasian, sistem arisan, perkreditan rakyat dan usaha – usaha informal serta lembaga ekonomi dan usaha bersama.
3. Menyusun Program pembinaan/pengembangan potensi (sumber – sumber pendapatan asli Daerah, peningkatan efektifitas dan efisiensi) pemasukan, pendapatan asli daerah serta tertib Administrasi.

2.5.4 Tupoksi Seksi Kesejahteraan Rakyat
Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas : menyusun rencana serta mengkoordinasi kegiatan pembinaan kesejahteraan masyarakat, social dan lingkungan hidup, dengan penjabaran tugas sebagai berikut :
1. Menyiapkan bahan dan menyusun laporan dibidang kesejahteraan masyarakat,
2. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang Kesejahteraan rakyat,
3. Melakukan pembinaan dalam bidang keagamaan, kesehatan, keluarga berencana dan pendidikan masyarakat,
4. Membantu mengumpulkan dan menyalurkan dana/bantun terhadap korban bencana alam dan bencana lainnya,
5. Membantu pelaksanaan Pembina kegiatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, Pramuka, dan Organisasi kemasyarakatan lainnya,
6. Membina kegiatan pengumpulan Zakat,Infaq, dan Sadaqah,
Membantu pelaksanaan pengumpulan dana Palang Merah Indonesia (PMI).















BAB III
PEMBAHASAN


3.1 Kegiatan Selama Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Kegiatan selama Praktek Kerja Lapangan PKL penulis melaksanakan apa yang dikerjakan oleh bagian pemerintahan seperti membantu membuat surat keterangan usaha, menginput data KTP, membantu membuat surat dinas, serta membantu menginput data KK penduduk di Kelurahan Metro Utara.
Penulis membatasi Laporan PKL di Kelurahan Karangrejo Metro Utara dalam bidang Pemerintahan. Dibidang ini penulis melakukan kegiatan membuat Surat Keterangan Usaha (SKU).

3.2 Membuat Surat Keterangan Usaha pada kantor Kelurahan Metro Utara
Jika ada warga Kelurahan Metro Utara yang akan membuat keterangan usaha atau SKU warga terlebih dahulu harus membawa surat pengantar dari Rukun Tangga (RT) dan KTP kemudian surat pengantar tersebut diserahkan di bagian staf kelurahan dan diperiksa kebenarannya, jika surat tersebut tidak sesuai maka harus membuat lagi surat pengantar di RT.
Jika sudah sesuai dengan data warga tersebut kemudian diserahkan di bagian operator komputer untuk selanjutnya dibuatkan surat keterangan usaha. Setelah surat di cetak selanjutnya surat ditandatangani oleh Lurah atau kasi pemerintahan terlebih dahulu kemudian surat diagendakan di buku agenda umum lalu diberi cap kelurahan setelah itu surat bisa diserahkan kepada warga untuk digunakan sebagai manamestinya.

3.3 Kendala yang dihadapi di Kantor Kelurahan Metro Utara
Kendala yang dihadapi penulis pada saat PKL yaitu kurangnya pengetahuan akan cara mengerjakan tugas – tugas atau cara membuat Surat Keterangan Usaha (SKU).

3.4 Solusi dari kendala yang dihadapi
Solusi dari kendala yang dihadapi yaitu dengan bertanya kepada pembimbing PKL atau staf Kelurahan yang ada.










BAB IV
P E N U T U P
4.1 Kesimpulan
Dari hasil Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dapat disimpulkan bahwa :
1. Dengan adanya kantor kelurahan ditengah – tengah masyarakat sangat membantu masyarakat untuk dapat mengurus keperluan sesuai dengan yang dibutuhkan.
2. Pekerjaan sering terganggu karena ketidakpunyaan mesin generator pembangkit listrik (Genset) karena sering nya mati lampu.
3. Dengan PKL penulis dapat mengetahui secara langsung bagaimana prosedur dalam pembuatan SKU.

4.2 Saran
Setelah melakukan Praktek Kerja Lapangan, maka saran dari penulis adalah peserta PKL lebih memperhatikan pengarahan, serta apabila ada ketidakpahaman selama PKL agar dapat diberi penjelasan dan diberi bimbingan.
Bagi mahasiswa yang akan mengajukan PKL di Kelurahan Karangrejo sebaiknya dapat memahami ilmu-ilmu tentang komputer terlebihdahulu terutama untuk matakuliah yang di lab. Demikian kesimpulan dan saran dari Penulis.

3 komentar: